Diseminasi Jurnal Ilmiah Atom Indonesia di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang

diseminasi-aij-ub1

Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) BATAN bekerjasama dengan Fakultas MIPA Universitas Brawijaya (UB) Malang menyelenggakaran kegiatan Diseminasi Jurnal Ilmiah Atom Indonesia pada tanggal 27 Mei 2016 di ruang pertemuan FMIPA UB Malang. Acara ini diselenggarakan sebagai langkah proaktif dalam memberikan layanan informasi iptek nuklir melalui program Layanan Diseminasi Basisdata INIS dan Jurnal Ilmiah Iptek Nuklir yang bertujuan agar Atom Indonesia dikenal oleh masyarakat ilmiah khususnya di lingkungan perguruan tinggi FMIPA Universitas Brawijaya.

Sasaran utama kegiatan ini adalah civitas academica di perguruan tinggi seperti dosen, mahasiswa, dan peneliti yang merupakan pengguna potensial dalam memanfaatkan informasi yang diterbitkan oleh Atom Indonesia dan diharapkan dapat menjadi kontributor dengan mengirimkan hasil penelitian ke Atom Indonesia. Acara ini dihadiri oleh 55 orang peserta yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa dari berbagai jurusan di lingkungan FMIPA UB Malang.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FMIPA UB yang diwakili oleh Pembantu Dekan II Bapak Moh. Farid Rahman, S.Si., M.Si. Dalam sambutannya beliau menyambut baik atas penyelenggaraan kegiatan ini. Publikasi ilmiah yang dicanangkan di UB sebanyak 75% harus diterbitkan di jurnal internasional bereputasi. Sehingga kegiatan ini merupakan sharing knowledge yang sangat bermanfaat bagi Universitas Brawijaya.

Kepala PPIKSN Bapak Drs. R. Heru Umbara selaku penanggungjawab jurnal Atom Indonesia juga memberikan sambutan sekaligus memberikan bantuan bahan pustaka berupa 1(satu) paket basis data INIS dalam kemasan CD ROM yang berisi informasi dari karya tulis ilmiah iptek nuklir untuk dimanfaatkan serta diseminasikan oleh Perpustakaan dengan harapan dapat menambah koleksi bahan pustaka dan dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pendidikan dan penelitian di lingkungan FMIPA UB.

Acara selanjutnya secara berturut-turut disampaikan materi tentang Introducing Atom Indonesia Road to International Journal disampaikan oleh Managing Editor Atom Indonesia Drs. Budi Prasetyo, MT yang menyampaikan sekilas sejarah Atom Indonesia dan upaya untuk menjadi jurnal international bereputasi. Strategy on Writing International Journals disampaikan Chief Editor Atom Indonesia Prof. Dr.rer.nat. Evvy Kartini yang memaparkan kiat dalam membuat artikel agar dapat dipublikasikan di jurnal international. Narasumber dari FMIPA Universitas Brawijaya Sukir Maryanto, S.Si., M.Si., Ph.D selaku ketua Departemen Fisika yang mempresentasikan tentang Jurnal Ilmiah di FMIPA Universitas Brawijaya, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Pada akhir acara ketua jurusan fisika mengharapkan kerja sama dalam pengelolaan jurnal ini dapat terus dilakukan di masa yang akan datang.<noerda>