Diseminasi Jurnal Ilmiah Atom Indonesia di LPPM Universitas Diponegoro Semarang

undip2

(Semarang, 23/4/2018) Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) BATAN bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Diponegoro (UNDIP) menggelar kegiatan Diseminasi Jurnal Ilmiah Atom Indonesia di Auditorium LPPM UNDIP Semarang, Senin (23/4/2018). Kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi dan sharing informasi tentang iptek nuklir.

Deputi Kepala BATAN Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir, Hendig Winarno memaparkan bahwa berbagi pengetahuan itu sangat penting termasuk tentang iptek nuklir dan pengelolaan jurnal atom indonesia ini.

Ketua LPPM UNDIP yang diwakili oleh sekretaris LPPM UNDIP Jamari mengharapkan kegiatan diseminasi jurnal atom indonesia ini agar dapat menambah wawasan tentang iptek nuklir dan mengambil manfaat seluas-luasnya dengan berkontribusi mengirimkan artikel ke Atom Indonesia yang sudah terindeks di Scopus. Kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan jurnal Atom Indonesia sebagai media informasi ilmiah untuk mendiseminasikan hasil penelitian iptek nuklir, dan berbagi pengetahuan dengan jurnal BCREC yang dikelola oleh UNDIP.

undip

Hendig Winarno memberikan materi tentang hasil-hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh BATAN. Budi Prasetyo, Managing Editor Atom Indonesia, menyampaikan sekilas sejarah Atom Indonesia sebagai wadah dan upaya sampai menjadi jurnal bereputasi international yang terindeks di Scopus. Prof. Dr.rer.nat. Evvy Kartini, Chief Editor Atom Indonesia, memaparkan Strategi Menembus Jurnal Terindeks Global dan kiat dalam membuat artikel agar dapat dipublikasikan di jurnal internasional. Prof. Dr. Istadi dari UNDIP juga menyampaikan sejarah dan pengalamannya dalam mengelola Jurnal jurnal BCREC yang sudah lebih dulu terindeks di Scopus.

Pada hari Selasa (24/3/2018) dilaksanakan bimbingan teknis penelusuran informasi basisdata INIS untuk pengelola perpustakaan di UPT Perpustakaan UNDIP agar INIS dimanfaatkan sebagai koleksi bagi sivitas akademika dari jurusan yang berelasi dengan iptek nuklir di lingkungan UNDIP.

Acara ini diselenggarakan sebagai langkah proaktif dalam memberikan layanan informasi iptek nuklir melalui program Layanan Diseminasi Basisdata INIS dan Jurnal Ilmiah Iptek Nuklir yang bertujuan agar Atom Indonesia dikenal oleh masyarakat ilmiah khususnya di lingkungan perguruan tinggi UNDIP. Sasaran utama kegiatan ini adalah sivitas akademik di perguruan tinggi seperti dosen, mahasiswa, dan peneliti yang merupakan pengguna potensial dalam memanfaatkan informasi yang diterbitkan oleh Atom Indonesia dan diharapkan dapat menjadi kontributor dengan mengirimkan hasil publikasi penelitian ke Atom Indonesia.(noerda/kangdwi)

0 0 0 0