Diseminasi Jurnal Ilmiah Atom Indonesia di Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta

aij_uns

(Surakarta, 30/3/2017) Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) BATAN bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan Diseminasi Jurnal Ilmiah Atom Indonesia di Auditorium Fakultas Teknik UNS Surakarta, Kamis (30/3/2017). Kegiatan ini diikuti oleh 70 orang peserta terdiri dari para dosen, mahasiswa di lingkungan UNS.

Kepala PPIKSN Yusi Eko Yulianto mengucapkan terima kasih kepada pihak UNS atas digelarnya kegiatan ini, yang juga dimanfaatkan untuk diseminasi dan sharing informasi tentang iptek nuklir melalui media jurnal ilmiah Atom Indonesia.

Wakil Dekan III UNS, Eko Pujiyanto, memberi apresiasi yang tinggi kepada BATAN yang telah memberikan kepercayaan kepada UNS untuk bekerjasama dalam penyelenggaraan kegiatan diseminasi ini. Menurutnya kegiatan ini sangat relevan dengan kegiatan sedang digaungkan di UNS dengan memberikan berbagai reward kepada seluruh sivitas akademik yang dapat mempublikasikan artikel ke dalam publikasi ilmiah internasional yang terindeks di Scopus.

Budi Prasetyo, Managing Editor Atom Indonesia, menyampaikan sekilas sejarah Atom Indonesia sebagai wadah dan upaya untuk menjadi jurnal bereputasi international. Prof. Dr.rer.nat. Evvy Kartini, Chief Editor Atom Indonesia, memaparkan Strategi Menembus Jurnal Terindeks Global dan kiat dalam membuat artikel agar dapat dipublikasikan di jurnal internasional. Agus Purwanto dan Wahyudi Sutopo dari UNS menyampaikan sekilas tentang Pengelolaan Jurnal Ilmiah di lingkungan UNS.

Acara ini diselenggarakan sebagai langkah proaktif dalam memberikan layanan informasi iptek nuklir melalui program Layanan Diseminasi Basisdata INIS dan Jurnal Ilmiah Iptek Nuklir yang bertujuan agar Atom Indonesia dikenal oleh masyarakat ilmiah khususnya di lingkungan perguruan tinggi UNS. Sasaran utama kegiatan ini adalah sivitas akademik di perguruan tinggi seperti dosen, mahasiswa, dan peneliti yang merupakan pengguna potensial dalam memanfaatkan informasi yang diterbitkan oleh Atom Indonesia dan diharapkan dapat menjadi kontributor dengan mengirimkan hasil publikasi penelitian ke Atom Indonesia. <noerda>

 uns