Seminar dan Knowledge Sharing Kepustakawanan

sharing-pustaka1

(Serpong, 25/10/2016). Untuk meningkatkan peran dan kapasitas pustakawan dalam dinamika instansi induknya, BATAN bekerjasama dengan Forum Perpusdokinfo LPNK Ristek menyelenggarakan Seminar dan Knowledge Sharing Kepustakawanan dengan tema Kontribusi Perpustakaan dalam Pencapaian Misi Organisasi Induk. Acara yang diselenggarakan pada hari Selasa, 25 Oktober 2016 bertempat di Ruang Rapat lantai 3 Gedung 90 PPIKSN dihadiri oleh perwakilan dari perpustakaan khususnya di lingkungan LPNK Ristek yaitu BATAN, BPPT, LIPI, BSN, dan BAPETEN.

Acara dibuka oleh Ketua Forum Perpusdokinfo LPNK Ristek, Minanuddin, M.Hum dari Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi – Badan Standardisasi Nasional (BSN). Dalam sambutannya, Minanuddin, M.Hum menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wadah para pustakawan untuk Knowledge Sharing dan berbagi informasi diantara perpustakaan khususnya di lingkungan LPNK Ristek yaitu BATAN, BPPT, LIPI, BSN, dan BAPETEN. Minanuddin juga menambahkan bahwa Forum ini sudah 3 tahun berjalan sejak 2013, dan saat ini merupakan seminar yang ke tiga pada tahun 2016 setelah sebelumnya dilaksanakan di BSN dan Perpustakaan LIPI Kebun Raya Bogor

sharing-pustaka2

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala PPIKSN Drs. R. Heru Umbara selaku tuan rumah. Dalam sambutannya, Drs. R. Heru Umbara mengucapkan terima kasih serta menyambut baik kegiatan Forum Perpusdokinfo untuk berbagi informasi dari pustakawan, mengingat sistem informasi sekarang sudah berbeda dan banyak tantangan yang dihadapi terutama terhadap pengelolaan perpustakaan baik di tingkat fasilitas maupun tingkat nasional.
Dalam Seminar dan Knowledge Sharing Kepustakawanan kali ini menghadirkan dua orang pembicara utama yaitu Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi BSN, Ir. Abdul Rahman Saleh, M.Si. yang menyampaikan hasil kajian tentang ”Studi Bibliometrik pada Jurnal Standardisasi Pasca Terakreditasi (2011 – 2015)”, dan Ketua Dewan Editor Batan Press yang juga Peneliti Utama Bapak Dr. Ir. Anhar Riza Antariksawan, yang dalam presentasinya mengenalkan informasi dan hasil litbang iptek nuklir, pentingnya preservasi Pengetahuan Nuklir di BATAN dan tentang peran Batan Press dalam Preservasi Pengetahuan di BATAN.

sharing-pustaka3

Selain pembicara utama, disajikan juga presentasi dari lima pemakalah yaitu Sri Rahayu Safitri dari BSN yang menyampaikan makalah tentang “Skema Sertifikasi Personel Pustakawan dari Sudut Pandang IAF”, Rochani Nani Rahayu dari PDII LIPI tentang “Diseminasi Informasi pada Pusat Informasi Wanita dalam Pembangunan PDII LIPI”, Eka Meifrina dari BPPT menyampaikan tentang “Peran Pustakawan dalam Penerbitan Jurnal Ilmiah Lembaga”, Erni Sumarni dari BSN menyampaikan hasil “Kajian Kepuasan Pelanggan Layanan Perpustakaan BSN” dan Anggiana R. Yusuf dari BATAN menyampaikan makalah tentang “Peningkatan Layanan Perpustakaan PPIKSN-BATAN Melalui Pembuatan Pathfinder Berbasis WEB”

Acara Seminar dan Knowledge Sharing Kepustakawanan ini ditutup oleh Kepala Bidang Sistem Informasi Manajamen Nuklir Drs. Budi Prasetyo, MT yang mewakili Kepala PPIKSN. Dalam sambutan penutupannya, Drs. Budi Prasetyo, MT menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kerja sama seluruh peserta sehingga acara ini dapat berjalan lancer. Setelah penutupan, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Perpustakaan Batan di Gedung 71( kangdwi ).