The Third International Atom Indonesia Best Paper Awards (I-AIBPA) 2019

iaibpa

(Serpong, 29/10/2019), Sejak tahun 2009 Atom Indonesia telah menyelenggarakan Atom Indonesia Best Paper Awards (AIBPA), dan pada tahun 2019 merupakan penyelenggaraan yang ke-11 kali. Untuk mempopulerkan dan sekaligus menarik minat peneliti, akademisi dan praktisi bidang iptek nuklir dari institusi luar Negeri untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di Atom Indonesia, maka pada tahun 2017 yaitu pada penyelenggaraan AIBPA yang ke-9, AIBPA berubah menjadi International Atom Indonesia Best Paper Awards. Tahun 2019 ini merupakan penyelenggaraan I-AIBPA yang ketigakalinya. Berita resmi penyelenggaraan I-AIBPA ke-3 ini dapat dibaca di http://aij.batan.go.id/public/aibpa/#home.

Tujuan utama dari penyelenggaraan I-AIBPA ini adalah untuk memberikan penghargaan bagi penulis terbaik atas hasil karya tulis ilmiah internasional di bidang Iptek nuklir yang merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas penelitian dan kerjasama internasional di bidang Iptek nuklir. Harapan lebih lanjut bagi institusi BATAN adalah dapat meningkatkan dan menjaga kualitas Atom Indonesia sebagai jurnal ilmiah berstandar internasional serta lebih mempromosikan Atom Indonesia kepada para pelaku litbang di lingkungan BATAN, dan di luar BATAN baik nasional maupun internasional.

Saat ini Atom Indonesia telah diakreditasi oleh Kemenristekdikti sebagai peringkat Sinta 1 (S1) untuk periode Agustus 2017 hingga April 2022 dengan nomor keputusan 30/E/KPT/2018. Peringkat S1 ini merupakan sebuah pengakuan bahwa Atom Indonesia telah dikategorikan sebagai jurnal ilmiah bereputasi internasional oleh Kemenristekdikti. Sejak tahun 2017 (sudah 48 artikel) telah terindeks di Scopus. Selain itu, Atom Indonesia juga sudah diindeks oleh Web of Science (WOS) sejak tahun publikasi 2015.Scopus dan WOS merupakan dua lembaga pengindeks internasional yang bereputasi tinggi.

Kepala PPIKSN (Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir) Ir.Yusi Eko Yulianto selaku pengelola Atom Indonesia menyatakan harapannya bahwa dengan penyelenggaraan I-AIBPA ini dapat meningkatkan kerjasama antara peneliti Indonesia dan internasional di bidang Iptek nuklir serta mempromosikan seluas-luasnya Atom Indonesia untuk peneliti internasional. Lebih lanjut lagi, Kepala Batan Prof. Dr. Anhar Riza Antariksawan menyambut baik kegiatan ini, dan mengharapkan I-AIBPA ke-3 ini dapat diikuti oleh banyak peserta baik dari dalam dan luar Negeri sehingga melalui publikasi artikel berkualitas di Atom Indonesia, ipteknuklir dapat lebih maju lagi. Selaku penanggungjawab kegiatan I-AIBPA Prof. Dr. Mukh. Syaifudin sangat berharap banyak para peneliti di BATAN dan institusi lain untuk memanfaatkan kesempatan ini dalam rangka meningkatkan publikasi ilmiah dan mempromosikan hasil-hasil litbang BATAN ke tingkat internasional.

Batas akhir pengiriman makalah keikutsertaan I-AIBPA ke-3 ini adalah pada tanggal 10 November 2019. Pemenang akan diumumkan melalui website pada tanggal 3 Desember 2019. Perlu kami informasikan bahwa pemenang I-AIBPA pada tahun 2018 yaitu pemenang pertama Marlina, dkk dari PTRR berkolaborasi dengan para peneliti dari Jepang, pemenang kedua NR. Hidayati dkk dari PTKMR berkolaborasi dengan peneliti dari Australia, dan pemenang ketiga H.N.E. Surniyantoro dari PTKMR yang berkolaborasi dengan peneliti dari Jepang.

0 0 0 0