Diseminasi Basis Data INIS dan Jurnal Ilmiah Atom Indonesia di PTKRN BATAN Serpong

inis_ptkrn1

Pada hari Selasa, 31 Mei 2016, di ruang pertemuan Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir (PTKRN) Serpong, telah diselenggakaran kegiatan Diseminasi Basis Data INIS dan Jurnal Ilmiah Atom Indonesia atas kerja sama Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN)  dengan PTKRN. Kegiatan ini merupakan langkah proaktif dalam memberikan layanan informasi iptek nuklir melalui program Layanan Diseminasi Basis Data INIS dan Jurnal Ilmiah Iptek Nuklir untuk meningkatkan kualitas litbangyasa dengan mendapatkan sumber-sumber penulisan sebagai bahan rujukan khususnya di lingkungan BATAN. Acara ini dihadiri oleh 37 orang peserta yang terdiri dari para peneliti di lingkungan PTKRN BATAN Serpong.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala PTKRN yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Bapak Agoes Soejoedi, dan dilanjutkan sambutan dari Kepala PPIKSN yang diwakili oleh Kepala Bidang Sistem Informasi Manajemen Nuklir sekaligus Wakil INIS Liaison Officer di Indonesia Bapak Drs. Budi Prasetyo, MT.

Selanjutnya pada acara pokok disampaikan materi oleh 4 orang narasumber yang secara berurutan menyajikan materi yaitu, Bapak Drs. Budi Prasetyo, MT. dengan materi tentang Pengenalan INIS, Introducing Atom Indonesia Road to International Journal disampaikan oleh Chief Editor Atom Indonesia Ibu Prof. Dr.rer.nat. Evvy Kartini yang menyampaikan sejarah Atom Indonesia dan berbagai upaya untuk menjadi jurnal international bereputasi. Demo Penelusuran Basis Data INIS disampaikan oleh Bapak Drs. Irawan dilanjutkan dengan Demo Fasilitas Perpustakaan Digital BATAN oleh Ibu R. Suhendani, S.IP yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi.

Diseminasi kepada pelaku litbangyasa di lingkungan BATAN telah dilakukan namun belum optimal. Oleh karena itu PPIKSN melakukan layanan informasi secara proaktif dengan mendatangi para pelaku libangyasa ke unit kerja yang ada di lingkungan BATAN. Dalam tahun ini, kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada unit kerja yang berada di lingkungan Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir (TEN) BATAN.<noerda>