Benchmarking Technique of Capturing Knowledge ke Universitas Terbuka

ut-1

(Tangerang Selatan, 11/09/2019) Pusat Pengembangan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melakukan kegiatan benchmarking ke Universitas Terbuka (UT) dalam rangka implementasi Nuclear Knowledge Management (NKM) di BATAN dan untuk memperoleh pengetahuan baru tentang pembuatan video pembelajaran / Technique of Capturing Knowledge serta informasi terkait yang dapat menjadi acuan, pedoman dalam pelaksanaan pembuatan video pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Universitas Terbuka merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka dengan sistem pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, computer /internet, siaran radio, dan televisi). Oleh karena itu PPIKSN sangat antusias untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana pengembangan dan produksi video pembelajaran dalam pembuatan modul melalui media audio/video dan lainnya.

Sepuluh orang dari PPIKSN diterima dengan hangat dan terbuka oleh Wakil Rektor IV Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama Dr. Liestyodono B. Irianto M.Si, yang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas terpilihnya UT menjadi tempat untuk belajar tentang bagaimana mengolah bahan baku ajar dari fakultas ke dalam media cetak dan digital serta pembuatan video pembelajaran menjadi materi yang siap disampaikan kepada mahasiswa. Kepala PPIKSN Ir. Yusi Eko Yulianto dalam sambutannya menjelaskan bahwa sebagai unit kerja yang mengelola Sistem dan Layanan Informatika di BATAN mengucapkan terima kasih dan merasa terhormat atas respon positif yang diberikan oleh UT sehingga diberikan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan tentang sistem pembelajaran dan pengelolaan pengetahuan yang dibutuhkan dalam implementasi dan pengembangan NKM dengan harapan dapat menjadi andalan di BATAN. Lebih lanjut Yusi mengajak pihak UT untuk berkunjung ke Kawasan Nuklir Serpong agar mengetahui bahwa iptek nuklir tidak berbahaya dan merupakan Kawasan yang ramah lingkungan.

Setelah saling bertukar cindera mata, disampaikan materi tentang Jenis Media Pembelajaran & Langkah Pengembangannya disampaikan oleh narasumber Drh. Ida Malati Sadjati, M.Ed. sebagai Kepala Pusat Pengembangan Multi Media dan Drs. Elang Krisnadi, M.Pd. sebagai Penanggung Jawab Bidang Penyiapan Naskah diikuti dengan diskusi yang sangat menarik. Selanjutnya, kepala PPIKSN mendapat kesempatan untuk memberikan materi tentang iptek nuklir yang disiarkan secara langsung melalui UT Radio yaitu radio internet kebanggaan dan menjadi media layanan bantuan belajar yang komprehensif dan berkualitas, dapat mensistematisasikan layanan bantuan belajar dan informasi kepada mahasiswa melalui edukasi program, diseminasi informasi (sosial promosi) dan sarana hiburan yang mendidik di Universitas Terbuka. Tidak hanya itu saja, pada kesempatan tersebut rombongan PPIKSN juga diberikan kesempatan untuk melakukan kunjungan langsung ke fasilitas video dan studio yang dimiliki oleh UT, ke bagian editing dan pengolahan serta penyiaran UT radio. Kunjungan PPIKSN diakhiri dengan siaran langsung alam diskusi dengan kepala PPIKSN-BATAN tentang teknologi nuklir di ruang radio UT chanel.

ut-ok

0 0 0 0