PPIKSN BATAN Jalin Kerja Sama dengan Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah LIPI

berita

(Jakarta, 08/07/2020). Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) sepakat menjalin kerja sama dengan Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah (PDDI) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk Pemanfaatan Sumber Informasi Bersama (Inter Library Loan). Kerja sama ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian kerja sama oleh Plt. Kepala PDDI-LIPI Hendro Subagyo dengan kepala PPIKSN yang diwakili oleh Plt. Kepala Bidang Sistem Informasi Manajemen Nuklir di Kantor PDDI LIPI Jakarta yang juga disaksikan oleh perwakilan dari Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BATAN dan Biro Kerjasama Hukum dan Humas LIPI.

Tertuang dalam naskah perjanjian kerja sama tersebut, ruang lingkup kerja sama meliputi 6 poin kegiatan, yakni pertama, pemanfaatan sumber daya informasi bersama (tukar menukar katalog elektronik; sumber informasi yang dilanggan), kedua, pelayanan data Repository Ilmiah Nasional (RIN), ketiga, pembuatan produk pengetahuan dan informasi (pembuatan kemasan informasi, kajian, dll), keempat, peningkatan kompetensi SDM (knowledge sharing, webinar, seminar, workshop, dll), kelima publikasi bersama dan yang terakhir adalah pemanfaatan sarana dan prasarana yang dimiliki para pihak.

Pelaksana Tugas Kepala PDDI LIPI Hendro Subagyo memaparkan, perjanjian kerja sama ini dilatarbelakangi oleh terbatas dan tersebarnya aset pengetahuan yang beragam dan akses terhadap hasil-hasil penelitian yang dilakukan lembaga litbangyasa; berkurangnya alokasi anggaran untuk pengelolaan aset pengetahuan, knowledge management, repositori, langganan jurnal, internet dan lain sebagainya yang semakin lama semakin berkurang; dan untuk mengurangi terjadinya redundansi aset pengetahuan, sementara pada era digital seperti saat ini akses ke perpustakaan semua dituntut menggunakan akses digital, dan pada saat pandemik seperti sekarang akses digital sangat dibutuhkan, oleh karena itu kolaborasi antar institusi untuk memperkaya sumberdaya Informasi sangat diperlukan.

Kerja sama ini diharapkan menjadi salah satu upaya positif untuk dapat memberikan layanan kebutuhan informasi ilmiah kepada para pelaku litbangyasa pada masing-masing institusi dengan lebih optimal. Hal ini dapat diimplementasikan dengan LIPI dan BATAN yang akan saling membuka akses koleksi hasil penelitian, jurnal, buku, dan koleksi perpustakaan lainnya untuk dapat dipergunakan bersama. Selain koleksi perpustakaan, para peneliti BATAN bisa mengakses RIN (Repositori Ilmiah Nasional) milik LIPI untuk dapat menyimpan data penelitiannya. (noerda)

0 0 0 0