Nuklir Dikenalkan di UNPATTI Ambon Melalui Sistem Informasi Ilmiah Iptek Nuklir

utama

(Ambon, 28/03/2018) Badan Tenaga Nukilr Nasional (BATAN) bekerjasama dengan Universitas Pattimura (UNPATTI) menggelar kegiatan yang bertajuk Pengenalan Sistem Informasi Ilmiah Iptek Nuklir di Aula UNPATTI, Ambon, Maluku, pada Rabu 28 Maret 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 66 orang peserta terdiri oleh sebagian besar dosen dari Fakultas MIPA, Pertanian, Kedokteran, dan Fakultas Teknik, dan mahasiswa serta pustakawan di lingkungan UNPATTI.

Deputi Kepala BATAN Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir, Hendig Winarno menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak UNPATTI atas digelarnya kegiatan ini. Oleh Hendig Winarno, selain pengenalan sistem informasi, dimanfaatkan juga untuk sosialisasi dan sharing informasi tentang iptek nuklir. Menurut Hendig Winarno, terdapat sejarah yang sangat penting dalam perjalanan BATAN bahwa Dirjen Pertama BATAN yaitu Prof. Dr. dr. G.A. Siwabessy yang juga Bapak Atom Indonesia adalah salah satu putera terbaik bangsa kelahiran Ambon. Diharapkan kerjasama BATAN dan UNPATTI dapat terjalin lebih jauh lagi dalam berbagai kegiatan litbang ITEK Nuklir bidang pertanian, kesehatan, industrri, material maju dan lainnya dapat didorong maju untuk kesejahteraan masyarakat di Ambon dan sekitarnya.

Rektor UNPATTI, Prof. M. J. Saptenno. SH. M.Hum yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Yusuf Madubun, M.Si. juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada BATAN yang telah memberikan kepercayaan kepada UNPATTI untuk bekerjasama dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Yusuf Madubun mengharapkan Tim dari UNPATTI yang telah ditunjuk oleh Rektor untuk menginisiasi kerja sama dengan BATAN dalam berbagai kegiatan, seperti penelitian, berbagi pengetahuan dan magang, diharapkan dapat menindaklanjuti dalam rangka memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan di UNPATTI dan masyarakat.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk melaksanakan diseminasi informasi iptek nuklir yang sejalan dengan preservasi dan pengayaan pengetahuan dalam bidang nuklir dengan sasaran agar minat masyarakat ilmiah di lingkungan perguruan tinggi untuk mempelajari dan mengembangkan iptek nuklir terus berkesinambungan sehingga penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir di Indonesia tidak mengalami kepunahan (knowledge loss) akibat penuaan SDM. Sasaran utama kegiatan ini adalah masyarakat ilmiah di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, meliputi sivitas akademika Perguruan Tinggi, terutama Dosen dan Mahasiswa yang merupakan pengguna potensial informasi ilmiah iptek nuklir termasuk basis data INIS. Di lingkungan UNPATTI, diharapkan informasi ilmiah yang terorganisir dalam basisdata INIS ini dapat dimanfaatkan pada seluruh strata. Kegiatan seperti ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004 sebanyak 42 kali di berbagai perguruan tinggi termasuk UNPATTI. <noerda>

 unpatti-1  unpatti-2
Hendig Winarno mengenalkan Iptek Nuklir untuk Kesejahteraan Indonesia yang dimoderator oleh Philipus J. Patty dari Unpatti
Yusi Eko Yulianto INIS Liaison Officer Indonesia mengenalkan INIS di UNPATTI
unpatti-3 unpatti-4
Evvy Kartini mengenalkan jurnal Atom Indonesia di Unpatti
Budi Prasetyo mengenalkan penggunaan basisdata INIS di Unpatti
0 0 0 0