Pathfinder

Nuclear Power Reactor

Macam reaktor dibedakan berdasarkan kegunaan, tenaga neutron dan nama komponen serta parameter operasinya. Menurut kegunaan: 1. Reaktor daya 2. Reaktor riset termasuk uji material dan latihan 3. Reaktor produksi isotop yang kadang-kadang digolongkan juga kedalam reaktor riset. Ditinjau dari tenaga neutron yang melangsungkan reaksi pembelahan, reaktor dibedakan menjadi: 1. Reaktor cepat: GCFBR, LMFBR, SCFBR 2. Reaktor thermal: PWR, BWR, PHWR, GCR. Berdasarkan parameter yang lain dapat disebut: 1. Reaktor berreflektor grafit: GCR, AGCR 2. Reaktor berpendingin air ringan: PWR, BWR 3. Reaktor suhu tinggi: HTGR Fasilitas reaktor RSG-GAS digunakan selain untuk kegiatan penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) nuklir juga untuk melayani kegiatan iradiasi nuklir. Penelitian di bidang iptek nuklir dititik beratkan pada penelitian dibidang bahan bakar nuklir, fisika reaktor, dan pelatihan teknisi reaktor, sedangkan pelayanan kegiatan iradiasi nuklir dilakukan untuk penelitian uji material dan produksi isotop. Secara ringkas pemanfaatan beberapa fasilitas Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy: PRTF, Doping Silikon, Produksi Radio isotop, Sistem Rabbit.

Category: REACTOR AND NUCLEAR ENERGY

Subjects: BWR ; PWR ; PHWR ; HTGR ; Reactor Physics ; Nuclear Fuel ; Fuel Cladding ; Molten Salt Reactor ; Light Water Reactor

Detail

Reaktor Daya Eksperimental (RDE)

RDE atau reaktor daya eksperimental adalah reaktor nuklir yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik, pembangkit panas dan untuk memproduksi hidrogen. Karena sifatnya yang eksperimental maka pengoperasian reaktor nuklir tersebut lebih banyak untuk tujuan percobaan dalam meningkatkan penguasaan teknologi. Penguasaan teknologi reaktor untuk ketiga hal tersebut sangat penting mengingat Bangsa Indonesia masih kekurangan listrik, pupuk dan banyak industri yang membutuhkan energi panas untuk berbagai proses industri. Produksi hidrogen dari RDE dapat digunakan untuk bahan baku pembuatan pupuk tanaman yang sampai saat ini masih sangat dibutuhkan dalam peningkatan produktivitas pertanian, sedangkan energi panas sisa dari pembangkitan listriknya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan proses industri. (http://www.batan.go.id/index.php/id/reaktor-daya-eksperimental-rde)

Category: REACTOR AND NUCLEAR ENERGY

Subjects: NUCLEAR POWER PLANTS

Detail