Badan Tenaga Nuklir Nasional telah menyelenggarakan Lokakarya Komputasi dalam Sains dan Teknologi Nuklir 2008 pada tanggal 6-7 Agustus 2008. Penyelenggaraan lokakarya tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan wawasan serta tukar-menukar informasi di kalangan para peminat komputasi, pemodelan dan simulasi.

Seperti halnya lokakarya-lokakarya serupa yang diadakan pada tahun-tahun sebelumnya, pada lokakarya ini, di samping penyaji makalah dan peninjau dari BATAN, hadir pula penyaji makalah dan peninjau dari badan litbang di luar BATAN dan universitas yang bergerak dalam bidang sains dan teknologi. Dari makalah-makalah yang disajikan selama lokakarya, tampak bahwa di samping menekuni berbagai metoda komputasi yang relatif telah dikenal secara luas, para peneliti juga mempelajari bidang-bidang yang relatif baru.

Dengan memperhatikan makalah-makalah yang disajikan dapat disimpulkan bahwa minat di bidang komputasi dan penerapannya di Indonesia semakin berkembang. Diharapkan bahwa pada masa mendatang perkembangan tersebut semakin nyata, dan semakin banyak hasil litbang yang dapat menjadi acuan serta sumber inspirasi bagi peneliti lain. Penerbitan risalah ini merupakan upaya untuk menyediakan sarana penyebaran dan untuk lebih merangsang para peminat dalam mengembangkan bidang komputasi.






Copyright LKSTN © 2008